Minggu, 08 Februari 2015

2 Tahun yang Indah untuknya



Heloow readers
Seneng banget deh setelah 8 bulan 1 hari akhirnya bisa nulis lagi disini.  Kebetulan mau cerita tentang sesuatu yang agak basi, tapi tetap enak dilihat dan dibaca . semoga ada maanfaatnya buat para follower yah.

Sejak jadi ibu RUMAH TANGGA MURNI tapi setengah palsu , ternyata banyak cerita dan pengalaman aduhai yang mencengangkan. Kenapa saya bilang setengah palsu? Karena sebagai IRT saya nggk bisa masak heheheehehehehehe, paling enak ya masak bubur si vino atau telor ceplok buat si mohi. Buat bapaknya nggk jauh jauh dari nasi goreng lah.  Trus saya sangat ketergantungan sama bu dedeh, asisten rumah tangga yang sudah setia ikut dirumah 2 tahun terakhir ini. Meskipun dia nggk nginap, tapi bersedia datang pagi pulang sore. Kalau jam 8 bu dedeh belum menampakan bayangannya, perut saya langsung mules dan kepala cenat cenut, harap-harap cemas dan suudzon-an alias berburuk sangka…”yah nggk masuk nih, yaaah rempong deh gue nggk ada yang bantuin hahahaha” …. Jadi, saya nggk berhak disebut sebagai IRT sejati lah ya.

Intinya sih nggk pengen ngebahas tentang ibu rumah tangga sejati dan palsu. Buat saya IRT yang Cuma bisa shopping kek, kerjaan nya kesalon kek, cenderung lebih banyak nyuruhnya daripada ngerjain sendiri, teteppp ajah ibu rumah tangga kan ya.

Jadi IBU itu enak lho, dibukakan ladang pahala, tinggal kita nya aja yg tentuin mau tanam apa, biar bisa di petik hasilnya. So saya nggk mau ikut-ikutan men judge IBU yang bener itu yg dirumah, atau yang keluar rumah cari tambahan penghasilan. Semuanya sama, jalan sama nasibnya aja yang beda…. ( keselek )


Ini tentang pengalaman 2 tahun pertama sejak pino – pino a.k.a VINO lahir, beruntung banget saya bisa memberikan dia ASI FULLLLLLLL 2 tahun 1 minggu. 
Jadi merasa bersalah sama si mohi, karena pas dia lahir saya nggk banyak baca, jadi nggk tau tuh pentingnya ASI , panik saat air susu nggk keluar hingga hari ke 3, dan termakan wejangan orang tua yang mendorong untuk memberikan susu formula, Akhirnya saya ber asumsi susu formula mahal menjamin anak jadi sehat dan pintar.

Mohi hanya dapat ASI full 3 bulan, selebihnya, karena malas pumping ( gara-gara dapetnya sedikit ) dia terpaksa pakai susu formula selama saya bekerja , dan disambung ASI saat saya pulang kerumah. Perbedaannya, selama 2 tahun si MOHI 2 x diopname, si VINO hanya 5kali ke RS , itupun hanya karena mau imunisasi dan batuk pilek.
GIGI si mohi mirip batu alam item item , kalau gigi vino mirip gigi palsu, masih putih ,lengkap dan utuh hahahaha.

Tapi ada juga dampak Jeleknya, krn FULL ASI, vino selalu gelantungan kaya anak monyet, gelayutan ,nggk mau ditinggal dan harus ikut kemana – mana. Nah ini lah babak babak melelahkan bagi para emak, penuh pengorbanan dan kesabaran.

Bayangin aja , selama menyusui jerawat saya bersemi. Emang siiih waktu remaja dulu saya jerawatan, tapi sejak menikah agak berkurang kok , nah aneh nya sejak anak ke dua lahir jadi mirip aspal rusak. Gimana nggk frustasi coba, mana badan melar, jerawat nggk bisa di ajak kerjasama, kulit kusam, uban mulai bertebaran trus anak nggk bisa di tinggal. Doh!
Diajak foto selfie sm suami selalu menghindar, mau datang ke reuni malu ( merasa jadi jelek drastis ) , tiap arisan kalau foto nyempil nyempil biar nggk keliatan. 
Duuuuhhhhh, masa masa itu membuat saya ingin kembali berkarir jadi ibu ibu kantoran (biar agak rapih dikit gitu ).

Jangan dibilang saya nggk mau merawat diri, untuk menghilangkan itu jerawat jahanam saya sudah datang ke 4 dokter berbeda, bersabar nunggu perawatan selama 6 bulan per dokter, tapi nggk ada yg berhasil tuh. Duit melayang sampai belasan jut, hasilnya nihil. Mau di tutupin pake make up juga nggk bisa, besoknya malah numbuh anak anak jerawat baru. Alasan para dokter pengobatan nya jadi nggk maksimal karena belum bisa minum obat dalam, karena berpengaruh buat ASI.
Dengan dress code daster( karena ini yang paling nyaman buat orang gendut ) dan penampilan berantakan , siapa juga yang PD . semua serba salah , mau nge cat rambut ke salon nggk boleh, mau olah raga susaaah, anak gelayutan nggk bisa di tinggal, mau gaya gayaan pake baju sexy badan masih amburadul, sekalinya punya waktu luang buru-buru kejar tayang buat produksi mohimohisew, nah loh, serbasalah kan.

Akhirnya tersadar sendiri, segitu besarnya ya perjuangan ibu ibu yang ingin memberikan ASI , mau yang kaya atau yang kurang, semuanya berjuang. yang punya duit diuji sama penampilan, yang nggk punya duit juga susah cari makanan yang bergizi. 

Setelah lelah dan nggk mau lagi buang uang, saya belajar cuek, lebih bersabar, dan banyak menghibur diri. Meskipun penampilan jadi “nggk banget”, tapi tiap liat anak saya yang tumbuh mirip bule jadi jadian dan pinter kaya Mozart saya tetap bisa tersenyum. Setidaknya masih ada yang dipuji, “iiih anaknya lucu banget “ meskipun bukan ibunya.

2 tahun penuh perjuangan itu telah berlalu, beruntungnya saya bisa melewati ramadhan sambil menyusui, bonus nyata dari Allah saat itu berat badan saya dikurangi hingga 4kg.  Dan seperti sulap, lepas menyusui jerawat-jerawat itu rontok satu persatu. Uban uban yang tak mungkin hilang bisa saya tutupi dengan cat rambut. Dan akhirnya saya percaya, mengapa ibu hamil dan menyusui dilarang menggunakan kosmetik berlebihan, karena setelah selesai mewarnai rambut di salon saya mengalami pusing yang sangat hebat, dan baru hilang dengan 4 panadol seharian. Mungkin tubuh ini bereaksi, setelah sekian lama berjalan alami tanpa obat-obatan dan bahan kimia, tubuh saya menolak zat kimia baru yang masuk.
Proses alamiah yang sungguh bermakna, menyusui bukan saja menciptakan bonding yang kuat antara sang ibu dan anak, tetapi secara tidak langsung membersihkan diri dari zat zat kimia yang biasa kita konsumsi.

Sebagai bentuk rasa sayang dan apresiasi saya untuk VINO yang begitu mudah dan pintarnya saya lepaskan dari ASI, saya pun berkreasi untuk ulang tahun keduanya . Acara kecil kecilan, tapi sangat berkesan buat dia.

Here are some pics to share …enjoy! Mommies 

sengaja pilih tema HOT AIR BALOON, kebetulan VINO suka balon, dan paling gampang juga sih bikin aplikasi balon.
itu awan mohi yang bikin lho, modalnya pake kertas manila putih plus ngerontokin dakron isi bantal yang udah nggk kepake ( antara irit dan kreatif beda tipis ) . lampion nya dapet di asemka, kalo nggk salah 240,000 perlusin, nama tokonya saya lupa, yang jelas itu toko ada di deket kali hihihi.

Nah ini namanya pemanfaatan garasi imut. itu banner juga boleh bikin sendiri, mau tau caranya ? beli aja clip art digital ( kebetulan saya beli lewat etsy ), oprek oprek pake photoshop jadi deh design banner. bawa ke percetakan, trus cetak di atas bahan felxy china namanya. per meter hanya 20,000  jadi untuk bikin banner segede itu modal saya hanya 80,000 plus 50,000 untuk beli clip art . ( irit itu mendesak kita jadi kreatif ) .
ini banner fungsinya buat background foto sebenernya, biar lebih aduhai ditambahin Balon gas 25 biji, balon nya sih beli online di cecemomentofavor, tinggal cari tukng balon gas keliling buat tiupin. upahnya lumayan murah sih, 2000/balon
Kalo yg ini sok sok an pake desert table . sebagian besar proerty nya memanjang koleksi pribadi, hiasan kayu saya beli di adelh gifts , untuk artificial flowers dan cupcakes stand saya beli di cecemomentofavor.com. Untuk nominalnya agak sedikit lupa, karena untuk melengkapi property desert table jadi sebanyak itu saya cicil selama 1 tahunan, beli satu satu tiap bulan hahahhaah ( khusus bagian desert table terpaksa irit, karena nggk mungkin jadi kreatif bikin begituan sendiri wkwkwkwkwk ) 

Birthday boy with hiis goodies . 
kali ini saya bikin kantong nini', fungsinya sih bisa untuk apa aja, kalau saya pribadi menggunakannya untuk taro baju ganti si moi saat jam olahrga disekolah :p
nah tinggal di isi snack aja deh ...
la familia ....salam ketjupBasah dari MohiFAMILY


#PerjuanganIbuAsi
#hotairbaloonparty






Tidak ada komentar:

Posting Komentar